Dalam rangka berpartisipasi dalam menunjang pembangunan nasional untuk meningkatkan pemerataan, pertumbuhan ekonomi, dan stabilitas nasional ke arah peningkatan kesejahteraan rakyat banyak.  Maka PT. Bank Permata dahulu PT. Bank Bali Tbk. bersama 5 KUD yang berlokasi di Kabupaten Bandung yaitu KUD Tani Mukti Ciwidey, KUD Karya Teguh Lembang, , KUD Sarwa Mukti Cisarua, KUD Karya Maju Cimahi Utara dan KUD Sinar Sejahtera Pacet sepakat untuk mendirikan sebuah perseroan yang bergerak di bidang perbankan atau Bank Perkreditan Rakyat dengan nama PT. BPR Bali Rukun Mandiri pada tanggal 4 Juli 1994 berkedudukan di Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Yang mana kegiatan utama perseroan ini adalah menghimpun dana masyarakat dalam bentuk Tabungan dan Deposito dan menyalurkan ke masyarakat khususnya masyarakat pedesaan dan/atau pengusaha mikro/kecil dalam bentuk kredit.

Namun pada tahun 2007 PT. Bank Permata Tbk. melepaskan bagian kepemilikannya di PT. BPR Bali Rukun Mandiri dan dibeli oleh Koperasi Karyawan (KopKar) PT. Bank Yudha Bhakti. Dan PT. BPR Bali Rukun Mandiri berubah nama menjadi PT. BPR Mitra Rukun Mandiri adapun komposisi kepemilikan menjadi sebagai berikut :

  1. KopKar PT. Bank Yudha Bhakti
  2. KUD Karya Teguh
  3. KUD Tani Mukti,
  4. KUD Sarwa Mukti
  5. KUD Karya Maju

Pada tahun 2008 KUD Tani Mukti Ciwidey juga melepaskan kepemilikannya di PT. BPR Mitra Rukun Mandiri dan bagian tersebut dibeli oleh KopKar PT. Bank Yudha Bhakti sehingga komposisi kepemilikan PT. BPR Mitra Rukun Mandiri yang terakhir menjadi sebagai berikut :

  1. KopKar PT. Bank Yudha bhakti
  2. KUD Karya Teguh
  3. KUD Sarwa Mukti
  4. KUD Karya Maju